Pages

Rabu, 25 Juli 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES MENUJU DUNIA KERJA



Persaingan tenaga kerja yang semakin ketat dalam era pasar bebas saat ini, merupakan salah satu konsekuensi yang tidak bisa dielakkan. Siap atau tidak, angkatan kerja Indonesia harus bersaing dengan Negara-negara lain untuk mendapatkan kesempatan kerja yang ada. Perusahaan hanya akan memilih tenaga kerja yang benar-benar memiliki kualifikasi yang diinginkan. Untuk itu, persiapan yang perlu diperhatikan tidak cukup hanya pengetahuan (knowledge) saja, banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan tenaga kerja dalam mendapatkan pekerjaan diantaranya ; sikap (attitude), keahlian(skill), pengalaman berorganisasi. Anda harus proaktif untuk merespon secara positif segala bentuk perubahan lingkungan, baik yang brkaitan dengan lngkungan perusahaan maupun diluar lingkungan perusahaan.
Proses menuju dunia kerja saat ini tidak mudah, banyak persaingan dan persyaratan yang diminta oleh perusahaan terhadap calon tenaga kerja. Mendapatkan pekerjaan menjadi mudah apabila calon tenaga kerja memiliki kompetensi atau kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kalau kita perhatikan lebih jauh lagi, sebenarnya ada dua faktor yang menyebakan sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan, yaitu Faktor Internal dan faktor eksternal.
1.Faktor Internal
Faktor ini berasal dari dalam diri calon tenaga kerja, berupa kelemahan-kelemahan yang seringkali tidak disadari oleh calon tenaga kerja tersebut. Adapun bentuknya adalah sebagai berikut :
  1. Sikap dan Mentalitas (Attitude)
Dalam menghadapi kesulitan mencari pekerjaan seringkali orang mudah berputus asa dan berkeluh kesah. Sikap putus asa dan keluh kesah ini sering muncul lewat ucapan, misalnya : saya malas menyiapkan persyaratan lamaran, saya sudah lelah melamar pekerjaan,saya sudah frustrasi, saya tidak mau lagi melamar pekerjaan, saya ingin mendapatkan pekerjaan yang gajinya besar dan pekerjannya mudah, dll. Lalu bagaimana sikap anda sebaiknya, jika muncul masalah yang demikian ? Anda harus tetap bersikap positif, optimis dalam mnghadapi masalah lika-liku mncapai masa depan yang diimpikan. Yakinkan pada diri anda, bahwa sesudah menghadapi kesulitan itu ada kemudahan. Tidak selamanya jalan itu mendaki, tetapi sesudahnya ada jalan yang menurun. Jadi anda harus yakin (bersikap optimis) akan mendapatkan pekerjaan asalkan tetap berusaha dan sabar. Sebaliknya jika keadan yang sulit dihadapi dengan pesimis hanya akan memperburuk keadaan.
2. Keahlian Kerja (Skill)
Selain soal sikap dan mentalitas, masalah yang muncul adalah keahlian kerja. Keahlian kerja merupakan pengetahuan khusus yang berguna untuk menyelesaikan berbagai persoalan ditempat kerja. Kalau anda mengandalkan kemampuan teori yang diperoleh dari bangku sekolah, itu jauh dari memadai. Dalam dunia kerja dituntut penguasaan teori dan praktek. Berangkat dari pengalaman lapangan menunjukkan bahwa rendahnya penguasaan keahlian kerja yang dimiliki oleh angkatan kerja baru, ini tidak hanya mempersulit para pencari kerja, tetapi juga ikut mempersulit pihak perusahaan/pengguna tenaga kerja. Tantangan tersebut merupakan tantangan bagi anda untuk mengatasinya dengan mencari jalan yang kreatif.
2.Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan yang berada dilingkungan. Terdapat banyak contoh yang termasuk dalam faktor eksternal, diantaranya :
  1. Kondisi ekonomi makro dan mikro
  2. Kesenjangan antara kesediaan lapangan kerjadengan jumlah tenaga kerja, jauh lebih banyak dibandingkan dengan lapanan kerja.
  3. Perusahaan pencari tenaga kerja menetapkan persyaratan yang relatif tinggi untuk karyawannya.
  4. Ketidak cocokan spesifikasi keahlian, antara permintaan dunia kerja dngan lulusan lembaga pendidikan.
  5. Adanya budaya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang belum sepenuhnya bersih dalam birokrasi swasta maupun pemerintah dalam hal perekrutan tnaga kerja baru.
  6. Kompetisi yang tdak sehat antar pelamar pekerjaan.
  7. Kurangnya kepedulian pihak pemilik perusahaan/industri untuk membantu para pencari kerja.
Mendapatkan pekerjaan yang diimpikan merupakan suatu kebanggaan bagi setiap calon tenaga kerja. Namun banyak pencari kerja yang tidak mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang sangat berbeda dengan sewaktu mereka dibangku sekolah. Hal ini megakibatkan pencari kerja tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan pada saat berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Untuk mendapatkan pekejaan tersebut, tentunya anda harus melewati suatu proses yang tidak mudah. Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya baik sebelum memasuki dunia kerja, ketika bekerja, bahkan setelah bekerja. Selain persiapan berupa sikap dan mental serta keahlian, juga diperlukan persiapan adminstratif yang meliputi surat keterangan lulus/ijazah, sertifikat kompetensi, sertifikat pendukung, referensi, dan lain-lain yang menjadi syarat untuk diterima di dunia kerja.

Source : http://bksmkn5yogyakarta.wordpress.com/2010/08/09/faktor-yang-mempengaruhi-proses-menuju-dunia-kerja/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More